Senin, 07 Januari 2013

Waspada Garam Tinggi Pada Makanan


Kini semakin banyak orang peduli dan sadar akan kesehatan. Anda mungkin salah satunya. Menghindari atau mengurangi beberapa bahan makanan pun dilakukan dan salah satunya adalah garam.

Terutama, bagi mereka yang diketahui mengalami gangguan darah tinggi. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa garam, gula dan lemak dalam kandungan tinggi tersembunyi  di berbagai makanan favorit bahkan yang sering dianggap sehat oleh banyak orang.

Survei telah mengungkap, empat dari lima orang tidak menyadari bahwa daging kemasan di supermarket dan keju mengandung garam lebih dari sebungkus keripik asin siap konsumsi. Dan hampir dua pertiga tidak tahu bahwa batas asupan harian garam yang dianjurkan hanya satu sendok teh.

Temuan mengejutkan tersebut mengekspos ketidaktahuan yang luas tentang makanan yang sehat. Lebih dari setengah (58 persen) tidak tahu bahwa yogurt strawberry bebas lemak memiliki gula lebih dari semangkuk cornflake atau secangkir kopi dengan dua gula. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Change4Life, sebuah badan dan gerakan konsumsi makanan sehat

"Sangat penting untuk menyadari apa yang tersembunyi di dalam makanan Anda. Jika mau sedikit lebih peduli, pasti akan ada perubahan sederhana,"  kata Ainsley Harriott, seorang chef dan duta kampanye Change4Life, dikutip dari Daily Mail.

Ia juga mengatakan bahwa untuk menghindari ketidaktahuan atas kandungan tersembunyi dalam makanan, sebaiknya selalu periksa label makanan atau rutin menyiapkan dan mengolah masakan sendiri di rumah. The Food Standards Agency Inggris, merekomendasikan batas 6 gram garam untuk orang dewasa.

Penelitian menunjukkan orang yang membatasi asupan garam sebanyak 3 gram atau setara dengan enam potong roti, maka dapat mengurangi seperempat risiko mereka terkena penyakit kardiovaskular. Sementara, batas harian yang direkomendasikan untuk lemak jenuh adalah 30 gram untuk pria dan 20 gram bagi wanita. Sedangkan batas harian asupan gula yaitu 90 gram.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar