Senin, 31 Desember 2012

Waspada Virus Flu Burung Varian Baru


Berhati-hatilah jika sistem kekebalan tubuh anak Anda menurun. Ketahanan tubuh yang lemah membuat anak mudah terserang berbagai penyakit, termasuk rentan terserang virus flu burung atau H5N1.

Meski kasus flu burung sempat mereda, namun, Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

Dalam pesan yang ia kirimkan melalui email, Nafsiah pun mengungkapkan bahwa ada varian flu burung baru, yaitu clade 2.3.2 yang ditemukan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Virus ini pun ditemukan terdapat pada itik. Sebelumnya itik tergolong salah satu unggas yang dianggap memiliki kekebalan tubuh pada virus ini.

"Kasus ini banyak menyerang anak laki-laki berusia 4 tahun," pesan Nafsiah dalam berita persnya.

Untuk menghindari mutasi virus ini pada manusia, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan memperhatikan penyebab kematian unggas.

Ia pun menerangkan gejala virus flu burung varian baru. Virus ini sering sekali menyerang anak-anak dengan gejala, peningkatan suhu tubuh disertai batuk. Jika anak atau keluarga mengalami gejala ini, jangan sepelekan. Segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Nafsiah juga menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2012 angka kejadian flu burung pada manusia memang mengalami penurunan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi hal ini masih mengundang  perhatian khusus. Sebab,  belum lama ini,  kasus flu burung kembali menyebabkan sembilan orang meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar