Senin, 14 Januari 2013

Cuci Tangan Cegah Diare Hingga 50 Persen


 Pertahanan awal menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Langkah sederhana ini dapat mencegah penyebaran dan perkembangan kuman yang menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk diare dan infeksi  saluran pernapasan akut (ISPA).

Hasil riset menunjukkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dapat mencegah tingkat kejadian penyakit infeksi menular seperti diare hingga 50 persen dan ISPA hingga 45 persen.

"92 persen ibu menyadari bahwa kuman dapat berevolusi dan anak-anak (di bawah empat tahun) rentan terkena berbagai macam penyakit. Akan tetapi ibu tak menyadari bahwa kuman dapat menyebar dengan cepat," kata Personal Care Director Unilever Indonesia, Debora Sadrach saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta.

Diare dan ISPA merupakan penyakit yang disebabkan karena masuknya bakteri ke dalam tubuh manusia, melalui area publik bahkan makanan. Bakteri seperti escherichia coli atau ecoli, staphylococcus adalah beberapa bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit diare.

Jika tak segera diatasi maka diare dapat menyebakan seseorang menjadi dehidrasi. Oleh karena itu, masyarakat khususnya orangtua diimbau mengajarkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun di rumah, sekolah, dan tempat-tempat lainnya.

"Cuci tangan dapat menurunkan tanda kejadian infeksi dan berbagai macam penyakit. Sekitar 40 persen kuman paling banyak berada di punggung tangan, dan 60 persen di sekitar jari dan sela-sela tangan," ujar Ketua Himpunan Perawat Pengendalian Infeksi Indonesia, Costy Pandjaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar