Kamis, 17 Januari 2013

Alami Gangguan Tidur? Coba Cara Ini


Anda mengalami masalah susah tidur atau terbangun beberapa kali di tengah malam? Bisa jadi Anda mengalami insomnia.

Gangguan tidur ini terjadi seiring pertambahan usia dan perubahan hormon. Bagi Anda yang kerap berpesta atau kerja hingga larut malam serta sering menyantap makanan nirnutrisi (junk food) juga perlu waspada.

Faktor-faktor di atas ini bisa memicu gangguan pada jam biologis Anda dan pada akhirnya bisa menyebabkan insomnia. Sementara di era modern ini, gangguan tidur lebih banyak disebabkan oleh stres, rasa cemas, depresi, dan gangguan bipolar.
Jika Anda mengalami gangguan tidur tak ada salahnya mencoba beberapa cara berikut ini seperti dilansir Health.India.

1. Jam tidur tetap

Setiap orang memiliki kebiasaan yang unik dan berbeda, begitu juga dengan pola tidur. Beberapa orang merasa segar hanya dengan tidur selama 6 jam, sementara orang lain memerlukan 9 - 10 jam untuk menjadi segar.

Ketahui apa yang tubuh butuhkan dan perbaiki waktu tidur Anda. Selain itu, pertahankan tidur dan bangun teratur untuk mengatur pola tidur Anda.

2. Mengunjungi dokter

Dokter bisa memberitahu obat, kondisi medis, dan situasi stres yang bisa menyebabakan Anda terkena insomnia atau membuatnya lebih parah.

3. Atur gaya hidup

Pertahankan rutinitas yang tidak ekstrem. Namun jika hal ini tidak memungkinkan karena adanya tuntutan pekerjaan maka Anda bisa menyeimbangkannya dengan hal lain, seperti diet dan menjaga mental tetap sehat.
4. Hindari tidur di sore hari

Mulai saat ini sebaiknya Anda berhenti tidur di sore hari. Isi waktu dengan aktivitas yang bermanfaat agar tubuh Anda tetap bergerak.

5. Lakukan aktivitas fisik

Latihan fisik atau berjalan kaki sebelum tidur bisa membantu mengatasi insomnia kronis. Lakukan aktivitas ini sambil mendengarkan musik atau bersama teman agar kebiasaan tersebut bisa dipertahankan.

6. Diet

Biasakan menyantap makanan sehat pada saat makan malam. Pilih susu hangat atau teh herbal dengan rasa chamomile ketimbang kafein, alkohol, serta tembakau. Langkah ini bisa membantu Anda tidur lebih cepat.

7. Manjakan diri sebelum tidur

Tak ada salahnya memanjakan diri sebelum tidur dengan mandi atau berendam menggunakan air garam hangat. Jika hal ini terlalu merepotkan, Anda bisa melakukan pijatan sendiri, mendengarkan musik, dan menggosok perut dengan sebotol air hangat.

8. Hindari kegiatan menarik

Menonton televisi dan membaca buku adalah beberapa aktivitas yang kerap dilakukan bagi mereka yang kesulitan tidur. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini karena aktvitas tersebut justru menarik perhatian dan membuat Anda kesulitan tidur.

9. Lakukan sesuatu yang monoton

Hal ini mungkin sudah sering Anda dengar ratusan kali. Namun tak ada salahnya mencoba. Ya, menghitung domba atau menyebut mundur abjad bisa membuat Anda bosan dan akhirnya tertidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar