Jumat, 25 Januari 2013

Jangan Sepelekan Kebersihan Lidah


 Menyikat gigi pastinya jadi perawatan rutin setiap hari. Baik setelah makan maupun sebelum tidur, untuk mencegah munculnya lubang dan menjaga kesehatan mulut. Sebenarnya bukan hanya kebersihan gigi yang harus diperhatikan, tapi juga kebersihan lidah.

Beberapa orang mengalami masalah kesehatan lidah. Mulai dari sariawan, oral candidodis (lapisan putih), hingga kanker lidah. Lapisan putih yang muncul karena jamur candida albicans ini dapat menyebabkan bau mulut.

Untuk itu, jangan pernah menyepelekan kebersihan lidah Anda. Lagipula, membuat lidah selalu dalam keadaan bersih dan terhindar dari jamur juga sangat mudah. Lakukan saja lima cara ini.

1. Sikat lidah
Menyikat gigi dengan bersih hingga ke belakang lidah akan membantu menjaga kebersihan mulut. Anda bisa menggunakan sikat berbulu lembut untuk menyikat lidah. Lakukan secara teratur setiap hari. Terutama sebelum tidur.

2. Pembersih lidah
Kebersihan mulut tetap terjaga dengan baik apabila Anda juga selalu membersihkan bagian lidah. Anda dapat menggunakan pembersih khusus lidah untuk membuang lapisan putih yang muncul karena jamur candida albicans.

3. Konsumsi makanan pembersih
Makanan yang memiliki manfaat untuk membersihkan lidah dan mulut lain adalah stroberi, lemon, dan apel. Makanan tersebut baik untuk kesehatan lidah dan juga menjaga gigi tetap putih. Sangat baik jika Anda menjadikannya cemilan sehari-sehari.

4. Obat kumur
Selalu berkumur dengan air bersih setiap selesai makan. Hal ini akan menghilangkan partikel kecil makanan yang terjebak di antara gigi dan juga dapat membersihkan lidah. Cara ini juga sangat efektif untuk menyingkirkan jamur.

5. Yoghurt
Untuk menyingkirkan jamur yang suka tumbuh di lidah, ada cemilan sehat yang bisa Anda konsumsi, yaitu yoghurt. Minuman hasil fermentasi ini, seperti dilansir dari BoldSky, bisa mematikan pertumbuhan jamur candida albicans di lidah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar