Jumat, 18 Januari 2013

Cek Mitos dan Fakta Sebelum Menikmati Kopi


 Kopi selalu identik dengan kafein yang dianggap membahayakan kesehatan. Beberapa mitos terus bergulir mengenai dampak negatif ini. Pada ibu hamil dan wanita menyusui misalnya, kopi merupakan larangan keras.
Sementara itu, penelitian dari Oslo University justru menyatakan kebaikan kopi sebagai painkiller atau penghilang rasa sakit. Penelitian lain soal manfaat kopi juga diungkap tim peneliti McGill University, Montreal, yang mengungkap bahwa di samping kafein, kopi pun memiliki segudang antioksidan yang memberikan perlindungan dari kepikunan yang merangsang sel-sel otak. Agar tidak salah menikmati kopi, berikut fakta tentang kopi yang wajib Anda tahu.
Mitos: Kopi membuat candu
Fakta: Meski kita sering merasa tidak dapat "hidup" tanpa kafein, sebenarnya ini bukan merupakan suatu kecanduan. Beberapa dari Anda mungkin merasakan sakit kepala atau terus mengantuk jika tidak menyentuh kopi.
"Gejala-gejala seperti ini tidak disebabkan oleh berkurangnya zat yang biasa ada dalam tubuh. Kafein pun tidak menyebabkan gangguan-gangguan ini," papar Herbert Muncie, Jr, MD, profesor kedokteran keluarga di LSU School of Medicine di New Orleans.
Mitos: Saat hamil, hindari kopi
Fakta: Kongres Amerika of Obstetricians dan Gynecologists mengatakan jika konsumsi moderat kafein (sekitar 200 mg per hari) masih tergolong dalam zona aman dan tidak membahayakan janin. Sementara itu, bagi wanita menyusui, konsumsi kopi tidak boleh lebih dari tiga cangkir per hari.
Mitos: Kopi menyebabkan dehidrasi
Fakta: Dipaparkan Muncie, tidak ada bukti yang mengatakan jika kafein dalam kopi dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. Kafein hanya memberikan efek diuretik sedikit, yang membuat Anda lebih sering buang air kecil.
Mitos: Kopi berbahaya untuk jantung
Fakta: Dilansir iVillage, Muncie mengatakan jika kewajiban menghindarkan kopi dari tubuh hanya mitos. Tidak ada korelasi kopi dapat menyebabkan penyakit jantung. Kopi justru mengurangi risiko diabetes, parkinson, demensia, dan batu empedu. Meski terlalu dini menyatakan jika kopi sangat baik untuk membantu kesehatan, menikmati secangkir kopi di pagi hari merupakan hal yang sah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar