Senin, 28 Januari 2013

Lima Cara Membuat Rumah Steril dari Virus Flu


Selain cuaca dingin, flu dan pilek juga diakibatkan oleh penyebaran virus. Tak heran, jika ada seseorang yang terserang flu, ia akan segera dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya. Hal ini dikarenakan penyebaran virus yang mudah hinggap pada siapa saja, terutama pada mereka yang memiliki sistem imun lemah.

Melansir Huffington Post, penyebaran virus flu sebenaranya banyak terjadi di rumah, saat orang terdekat Anda sedang menderita flu. Menurut Allison Jense, penulis The Germ Freak's Guide To Outwitting Colds and Flu, ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat orang yang tinggal satu atap terserang flu, seperti di bawah ini:

Gunakan tisu sekali pakai
Salah satu cara aman untuk membuat steril rumah adalah dengan menggunakan kertas tisu sekali pakai. Ini tak hanya baik digunakan untuk membuang cairan lendir di hidung, tapi juga untuk membersihkan rumah. Jika Anda menggunakan handuk saat membersihkan peralatan rumah tangga, ini sama dengan Anda memindahkan virus flu sari satu tempat ke tempat yang lain.

Kamar mandi
Kamar mandi menjadi hot spot yang digemari oleh virus. Suasana dingin membuat virus mudah hidup. Tak hanya membersihkan kamar mandi, yang harus diperhatikan dalam ruangan ini adalah pemisahan sikat gigi. Anda harus menjauhkan sikat gigi penderita flu dengan sikat gigi lainnya.

Antibakteri
Pastikan produk pembersih rumah Anda mengandung antibakteri. Ini adalah salah satu cara termudah untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus di rumah. Virus flu hidup di permukaan selama tiga jam. Bisa dibayangkan penyebarannya, jika Anda hanya menggunakan pembersih biasa.

Sabun
Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2004, Annals of Internal Medicine, mereka yang menggunakan sabun antibakteri tak menjamin seseorang terhindar dari flu. Penelitian itu menegaskan, salah satu cara untuk mematikan virus adalah dengan mencuci pakai air hangat selama 20-25 detik.
Tidur di sofa
Jika Anda mengahadapi pasangan yang terserang flu, sebaiknya Anda memisahkan diri untuk sementara. Tidur di sofa atau ruang tamu memang terlihat tidak nyaman, namun hal ini menjadi salah satu cara untuk menghindari penularan flu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar