Selasa, 15 Januari 2013

Pria Bermata Cokelat Lebih Bisa Dipercaya?


 Sebuah studi terbaru tentang warna mata dilakukan sekelompok peneliti di Charles University, Praha. Seperti dilansir laman Shine, para peneliti mengumpulkan 80 foto wanita dan pria yang memiliki warna mata biru serta cokelat.
Setelah itu, mereka meminta 238 mahasiswa menilai apakah pria dan wanita di foto tersebut dapat dipercaya, menarik, atau dominan. Para mahasiswa ini diminta menilai dengan skala 1-10.

Hasilnya, pria dengan mata cokelat dianggap lebih bisa dipercaya dibandingkan pria dengan mata berwarna biru. Hasil penilaian terhadap wanita juga memperlihatkan tren yang sama, tapi tak sebanyak pada pria.

Tak puas sampai situ, para peneliti pun melakukan penelitian kedua untuk memastikan apakah warna mata benar-benar terkait dengan  tingkat kepercayaan. Mereka akhirnya menggunakan foto dengan wajah yang sama tetapi mengganti warna mata dengan menggunakan aplikasi edit foto.

Kali ini, pria dan wanita dengan mata biru diubah menjadi warna cokelat. Begitu pula sebaliknya. Kemudian sebanyak 106 mahasiswa diminta untuk menilai foto tersebut. Hasilnya cukup mengejutkan.

Wajah yang sebelumnya dianggap dapat dipercaya pada penelitian pertama juga mendapat hasil yang sama di studi kedua ini, meski warna mata mereka diubah menjadi biru. Para peneliti pun menduga bahwa sesungguhnya bukan warna mata yang menandakan kepercayaan, melainkan bentuk wajah.

Ketika menganalisa wajah, mereka menemukan bahwa pria dengan warna mata cokelat memiliki hidung dan mulut yang lebih besar, dagu lebih lebar, dan alis yang lebih menonjol. Wajah dengan tipe ini biasa disebut dengan wajah bayi (baby faces) yang cenderung menimbulkan perasaan percaya.

"Warna mata adalah sesuatu yang superficial dan tak ada yang menyangka bahwa ada keterkaitan erat dengan stuktur tulang," ujar ketua peneliti, Karel Kleisner. "Kami sedikit terkejut."

Meski demikian tak perlu khawatir jika pasangan Anda memiliki mata biru. Sebab, keterkaitan antara warna mata dan kepribadian juga tergantung dengan budaya masing-masing. Misalnya, seseorang dengan mata biru di negara tertentu kerap dijuluki evil eye.
Oleh karena itu dibutuhkan penelitian lebih jauh dan menggunakan beragam budaya. Saran bagi wanita, untuk sementara ini, nilailah seorang pria dari tindakannya, bukan warna matanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar