Kamis, 07 Februari 2013

3 Formula Praktis Cegah Osteoporosis


Mulailah untuk membangun kepadatan tulang Anda secara alami untuk memperlambat kerapuhan tulang. National Osteoporosis Foundation merekomendasikan langkah-langkah berikut ini sebagai pencegahan osteoporosis dini.

Pada umumnya penyakit ini memang menghampiri wanita usia 65 tahun, dan pria yang memasuki usia 70 tahun. Kenyataannya, sebelum mencapai usia tersebut, banyak orang yang sudah terlihat berjalan membungkuk, atau mengalami gangguan tulang lainnya. Berikut cara sederhana menjaga kepadatan tulang:

Penuhi dosis kalsium

Rendahnya tingkat kalsium dalam tubuh meningkatkan resiko osteoporosis. Nasional Osteoporosis Foundation merekomendasikan 1000 mg kalsium  setiap harinya untuk dikonsumsi orang dewasa dibawah usia 50 tahun. Dan 1200 mg kalsium bagi mereka yang berusia 50 tahun atau lebih. Pilihan sumber kalsium lain adalah sereal dan sayur brokoli.

Vitamin D

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan vitamin D dengan cukup, maka tubuh akan kesulitan menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, untuk memastikan tubuh bernar-benar merasakan manfaat dari kalsium harian, Anda bisa menambahkan asupan vitamin D.

Sumber alami vitamin D seperti kuning telur, susu, ikan laut, keju, dan hati. Atau paparan sinar matahari langsung selama kurang lebih 10 menit. Michael Holick, seorang peneliti dari Boston University, merekomendasikan kegiatan berjemur setiap hari.

Olahraga

Menurut Mayo Clinic, berolahraga secara teratur dapat menjaga kepadatan tulang. Anda dapat memilih latihan ringan seperti naik turun tangga, jalan santai, dan jogging. Olahraga ini membantu menjaga kepadatan tulang bagian atas dan punggung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar