Minggu, 16 Desember 2012

Kopi Sama Efektifnya dengan Minuman Berenergi



 Aktivitas yang padat, harus mengerjakan banyak pekerjaan hingga malam hari, memaksa tubuh untuk tetap aktif. Minuman berenergi pun dijadikan andalan, karena diklaim bisa menjaga tubuh fit dan pikiran fokus.

Dengan segala formula yang dijanjikan seperti ginseng, ternyata hanya ada satu bahan yang efektif, yaitu kafein. Bahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan meminum secangkir kopi. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasi dalam Nutrition Reviews Journal.

Peneliti dari Universitas Chicago menemukan minuman berenergi sering mengandung bahan-bahan seperti taurin, guarana dan ginseng. Dan, bahan-bahan tersebut sering diklaim dapat meningkatkan kinerja. Tetapi penelitian baru memunculkan keraguan dan menunjukkan manfaat utamanya kemungkinan besar berasal dari kafein.

Diketahui bahwa minuman energi memiliki hingga 14 kali lebih banyak kafein dari minuman ringan lainnya. Mereka mengatakan minuman energi yang mengandung antara 10 dan 270 kalori porsi, tidak boleh diberikan kepada anak-anak.

Fakta tersembunyi dari minuman berenergi berkafein adalah level racunnya bisa mencapai 14 kali lebih besari dibandingkan minuman ringan. Paparan racun ini berhubungan dengan diabetes, gangguan jantung, serta kejang. Sehingga sangat tidak dianjurkan minum secara berlebihan, dan anak-anak sebaiknya tidak minum minuman berenergi.

"Bagi anak-anak yang banyak melakukan olahraga dan aktivitas fisik minum air putih adalah yang terbaik," kata Dr. Holly Benjamin, kepala peneliti yang juga dokter anak di Comer Children’s Hospital, dikutip dari Daily Mail.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar