Jumat, 28 Desember 2012

Kontrol Tekanan Darah Tinggi dengan Rempah-rempah


Selain berguna sebagai penyedap rasa masakan, aneka bumbu dapur dan rempah-rempah ,ternyata dapat membantu Anda menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi (hipertensi).

Seperti kita tahu, masalah hipertensi dan kolesterol tinggi bukan cuma bisa menyebabkan penyakit jantung tapi juga kepikunan dan gangguan kognitif lainnya.

Jadi, sangat penting untuk menyembuhkan hipertensi. Seperti dikutip laman Boldsky, masalah hipertensi pun dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti obesitas, stres, konsumsi garam berlebihan, alkohol, merokok atau kurang olahraga.

Bahkan sejarah keluarga dapat menjadi salah satu alasan untuk terjadinya tekanan darah tinggi. Jika Anda pernah didiagnosis dengan masalah tekanan darah tinggi, Anda harus sangat berhati-hati.

Indonesia, merupakan negara yang kaya akan rempah. Anda pun bisa memanfaatkan bumbu dapur tersebut untuk mengontrol kadar tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Ada banyak rempah-rempah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengontrol masalah kesehatan ini, berikut tipsnya:

Bawang putih

Kandungan Allicin (antioksidan) dalam bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan anti-hipertensi. Konsumsi 2-3 siung bawang putih mentah secara teratur, bisa mengontrol tingkat tekanan darah tinggi Anda. Di Cina dan negara lainnya pun bawang putih dianggap sebagai obat alami untuk menyembuhkan masalah tekanan darah. Manfaat bawang putih akan lebih terasa khasiatnya jika dikonsumsi secara langsung , karena dapat juga menormalkan tekanan darah rendah atau tinggi tetapi tidak akan membahayakan tingkat tekanan darah yang normal.

Bawang Merah

Sama halnya seperti bawang putih, bawang merah yang dikonsumsi tanpa dimasak atau diolah menjadi jus, diyakini dapat menstabilkan tingkat tekanan darah. Bawang merah mengandung quercetin (suatu flavonol antioksidan) yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung. Membubuhkan bawang merah ke dalam menu salad atau diblender menjadi jus juga bisa  membuang racun dari dalam tubuh sekaligus mampu mengontrol masalah hipertensi Anda.

Kayu manis

Rempah-rempah satu ini  memiliki aroma khas. Sangat efektif untuk menyembuhkan hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat distabilkan dengan memasukkan aroma ini. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American College of Nutrition, kayu manis terbukti efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi penderita diabetes dan non-diabetes. Tambahkan kayu manis dalam hidangan sup atau saus buatan Anda, nikmati rasa dan aromanya serta khasiatnya untuk kesehatan.

Basil

Umumnya dikenal sebagai Tulsi di India. Ramuan ini dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah tinggi. Basil membersihkan pembuluh darah dan membantu menyeimbangkan tekanan darah tinggi.

Ada banyak rempah-rempah lain dan rempah-rempah seperti bubuk kari, daun salam, bubuk cabai merah, lada hitam, bubuk mustard kering dan masih banyak lagi yang lainnya. Sertakan rempah-rempah yang sehat untuk menyembuhkan hipertensi dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar