Selasa, 18 Desember 2012

Kiblat Kuliner 2013: Peduli Soal Kesehatan


Pergantian tahun tinggal menghitung hari. Berbagai prediksi tentang tahun depan ini pun mulai berdatangan. Dunia fashion, peruntungan nasib, hingga gadget mulai hangat diperbincangkan. Tak mau ketinggalan, urusan lidah dan perut juga turut berinovasi.

Selama ini tren baru umumnya dimiliki oleh sesuatu yang dinilai menarik dan berbeda. Namun, hal ini biasanya juga tak pernah berlangsung lama atau hanya sementara. Selama ini makanan adalah sesuatu yang minim dengan kreasi, tapi di tahun 2012 berbagai jenis makanan dengan inovasi pun menjadi buruan.

Begitu juga dengan tahun 2013. Kehadiran rasa baru di dunia kuliner juga telah diprediksi. Makanan sehat disebut-sebut akan mewarnai ranah kuliner.

2012
Cantik, unik dan kreatif. Tiga kata ini menggambarkan inovasi perubahan kuliner di 2102. Hampir semua makanan disajikan dengan tampilan cantik seperti mainan yang mudah dibentuk. Cupcake misalnya, kue dalam wadah ini mewarnai perjalanan kuliner di tahun 2012. Bentuknya yang cantik membuat kue ini selalu hadir dalam setiap acara, termasuk di acara ulang tahun dan pesta pernikahan.

Rainbow cake, kue dengan 7 lapisan yang berwarna-warni ini sebetulnya adalah terobosan dari unik dari sponge cake yang dilapisi dengan krim bewarna putih. Perpaduan warna pelangi yang serasi menjadikan kue ini populer. Selain cupcake dan rainbow cake, red velvet cake, kue asal Amerika ini juga turut meramaikan kancah kuliner tahun ini.
Kue merah beludru ini memiliki daya tarik dari warna merah gelap yang memikat. Warna merahnya didapatkan dari sari beetroot yang bisa juga dibuat dari paduan cokelat bubuk dan pewarna merah pekat. Yang juga tak boleh dilupakan adalah macaroon. Kue mungil Perancis ini juga turut menjadi buruan.
Tak mau kalah dengan kuliner mancanegara, makanan lokal juga ikut menjadi perbincangan di tahun 2012. Keripik dengan level pedas bervariasi mulai dari 1 hingga 10 merek Maicih meramaikan jejaring sosial. Semua orang penasaran dengan rasa pedasnya. Kehadirannya ini lalu mendapatkan banyak saingan, seperti PikSet alias Keripik Setan dan Keripik Karuhun.

2013
Setelah diramaikan dengan makanan serba manis, 2013 diprediksi akan dipenuhi oleh makanan sehat, seperti dilansir oleh laman Sterling Rice Group.  Prediksi ini diambil oleh 100 chef dan dewan kuliner anonim yang tak mau disebutkan jati diri pesertanya. Untuk urusan cita rasa, Thailand dan Korea akan menjadi kiblat kuliner tahun mendatang. Tak hanya menyehatkan, dua sajian negeri Asia ini juga mudah dikombinasikan dengan masakan western.
Beberapa yang patut diintip untuk 2013 adalah seperti di bawah ini:
Do it yourself (DIY)
Produk homemade seperti acar, cuka, dan asinan yang tadinya siap beli, tahun depan diprediksi akan dibuat sendiri oleh chef restoran. Selain lebih ekonomis dalam segi biaya, ciri khas rasa dan manfaat kesehatan yang lebih tinggi menjadi alasannya.
Chef peduli pada berat badan pelanggan
Chef di restoran diprediksi akan lebih peduli pada berat badan tamunya. Karena itu, mereka akan menggunakan bahan-bahan makanan yang lebih sehat. Chef juga peduli soal kalori makanan. Nasi merah, roti gandum yang tinggi serat, dan kaldu sayuran akan menjadi primadona di dunia kuliner.

Pengaruh Asia
Bumbu rempah khas Asia akan semakin banyak digunakan oleh para penggiat kuliner. Cita rasa rempah kuat yang menyegarkan serta menyehatkan banyak digemari. Selain itu, rempah Thailand, Vietnam, dan Korea juga mudah dikombinasikan dengan jenis makanan Barat. Sebut saja, menu-menu fusion seperti Vietnamese Chicken Sandwich, Sriracha Mayo, Korean Glazed Pork Rib, dan sebagainya.

Dominasi sayur-sayuran
Berbagai macam sayuran seperti kembang kol, brokoli, kale, bayam, seledri, dan sayuran lainnya, akan makin banyak peminatnya. Seperti yang Anda ketahui, gaya hidup mengkonsumsi raw food saat ini semakin populer di kalangan kaum urban. Selain itu, kacang-kacangan juga akan makin banyak digunakan. Ini karena kacang-kacangan tinggi protein dan lezat dikonsumsi dalam keadaan mentah, misalnya raw milk dan raw soup.

Menu anak-anak berkembang
Makanan favorit anak di banyak restoran adalah makanan-makanan cepat saji sseperti fried chicken, french fries, atau burger. namun, seiring dengan kesadaran akan pentingnya kesehatan, banyak restoran yang mulai memasukkan menu sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan beras tinggi protein. Mereka juga akan menggunakan rempah alami untuk mendukung upaya sehat tersebut.

Go local
Banyak chef yang lebih memilih penggunaan bahan-bahan yang ada di daerahnya sendiri dibandingkan dengan membeli dari tempat yang jauh. Hal ini juga akan mengurangi biaya produksi dari suatu makanan.

Porsi yang lebih kecil
Pernah bersantap di restoran Perancis? Hidangannya tampil sangat cantik dengan porsi yang mungil. Gaya ini diprediksi akan banyak diadopsi oleh para penggiat dunia kuliner terutama yang bergerak di sektor restoran.

Buah-buahan bercita rasa "kuat"
Akan bermunculan banyak jenis buah baru, yang lebih kuat cita rasanya. Selain dimakan begitu saja, buah-buah tersebut juga akan diolah menjadi hidangan tertentu seperti appetizer, sup, veggie side, dan main course. Selain itu, buah-buahan juga akan diolah dengan cara lain, seperti dikeringkan, diasinkan, digoreng, dipanggang, dan dibakar. Semua cara ini dilakukan untuk mengeluarkan cita rasa baru yang melebihi cita rasa aslinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar